Kadangkala kita hanya berkhayal bagaimana mencari uang dari suatu hobi. Yah itu adalah pertanyaan wajar dari setiap orang, bahkan dari seorang pengangguran sekalipun, bagaimana dengan status mereka yang tidak mempunyai pekerjaan tetap dan hanya dengan ongkang-ongkang kaki dapet duit banyak langsung ke rekening kita bahkan.

Lalu saya berandai-andai dengan uang yang saya tanamkan di suatu jebis investasi apakah ada resiko yang duit kita hilang? Jawabannya “IYA”. Tetapi jangan lupa bahwa ada beberapa investasi yang akan membuat kita bisa hanya ongkang-ongkang kaki seperti khayalan diatas. Ya ada yang seperti itu tetapi juga mengandung resiko kita dikibulin. Contoh sudah banyak seperti di Solo pada waktu itu dengan investasi uang mereka dapet bunga hampir 30% dari seharusnya kalau kita tanam uang itu di bank. Atau yang terakhir bahkan yang kena kibul seperti itu adalah istri petinggi-petinggi POLRI dan Angkatan Darat.

Lalu saya bersurfing di internet dengan kata kunci “investasi” lalu muncul beberapa url alamat website yang memberi kita beberapa pilihan untuk berinvestasi. Sedetikpun mata saya tidak berkedip waktu membaca satu demi satu halaman-halaman di internet yang menyajikan berita-berita bombastis bahwa hanya dengan uang Rp…. bisa menghasilkan uang Rp….. wah…wah…. saya jadi berfikir apakah iya. Lalu saya lihat mereka ternyata menawarkan produk untuk dibeli (semacam MLM-lah).

Kemudian ada salah satu yang menarik perhatian saya dan menurut saya agak bisa diterima akal sehat yaitu mengumpulkan uang oleh beberapa orang dan uang itu kemudian diinvestasikan atau dikelola oleh tim lain dalam bentuk saham. Tapi uang yang diinvestasikan agak lumayan gede (kelipatan 1 juta…) wah bagaimana ini?

Antara percaya dan tidak percaya kemudian aku surfing lagi internet dengan kata kunci “saham” wah…wah… ternyata memang main saham butuh investasi yang gede. Dan kalau dihubungkan dengan investasi di atas maka jawabannya adalah… “KITA JOIN DENGAN BEBERAPA ORANG MENGUMPULKAN UANG UNTUK KEMUDIAN DIINVESTASIKAN LEWAT SEBUAH TEAM YANG BERPENGALAMAN DALAM BIDANG SAHAM DAN KITA TINGGAL MENIKMATINYA”.(Kalau untung… Lha kalau buntung?) Jawabannya ya… kita invest itu harus siap-siap uang kita hilang, lha wong main saham itu seperti main judi dan harus siap kalah atau menang (rugi/laba).

Pertanyaan dan jawaban itu bisa diliat di My profile